0

KOMODITAS BERITA

Televisi sebagai media dari budaya popular menghasilkan berbagai macam program yang dapat disaksikan oleh semua kalangan di dunia pada umumnya. Program-program tersebut sangat variatif, dimulai dari acara yang edukatif seperti berita, talk show tentang politik, keagamaan, hingga yang menghibur seperti film, sinetron maupun olah raga. Program-program tersebut selalu berkembang sesuai kebutuhan zamannya sehingga banyak bermunculan tayangan-tayangan baru yang membuat acara televisi semakin beragam. Salah satunya adalah berita, produk ini bisa dikatakan sebagai komoditas yang tidak ada matinya, sehingga beberapa tv swasta seperti TV one, Metro TV memilih berita sebagai produk utama mereka.
Semua permasalahan di negeri ini bisa menjadi sebuah rupiah, tidak ada kecuali. Mulai dari Musibah, Bencana, Kriminalitas, Dinamika politik, Ekonomi, Budaya, Agama, Olahraga, Masalah pribadi seseorang, Kuliner, Hobby hingga masalah pribadi public figure. Dan berita yang berseri seperti bank century, cicak vs buaya, 100 hari SBY seakan tidak berujung karena berita tersebut disorot terus menerus dari berbagai aspek.
Bila dikaitkan dalam kebijakan media level mikro hingga meso dan dalam konteks komodifikasi maka uraiannya sebagai berikut :
Level mikro yakni level yang mengandung atau berkaitan dengan isi atau produk media itu sendiri. Berita dalam level mikro berisi tentang isu-isu yang berkembang dalam masyarakat, untuk moment atau kasusu tertentu sering kali terjadi repitisi, beritayang bertujuan sebagai sumber informasi seringkali juga bersifat provokatif dan tidak sedikit yang bersifat tendensius yakni memiliki tujuan-tujuan tertentu dari kepentingan perorangan atau golongan.
Dalam level meso tujuan sebuah media menanyangkan berita tidak lain untuk meraih keuntungan, selain mencari simpati publik dan berharap menjadi media yang berguna di mata msyarakat. Untuk stasiun televisi tertentu berita menjadi komoditas utama, dengan tujuan berita tersebut dapat menjadi trade bagi satasiun tersebut.
Level meso dalam komoditas berita yakni khalayak dan rating berita yang diakumulasi dan ternyata berita memang memiliki rating yang cukup tinggi. Berita juga dapat menjadi wadah dalam komunikasi politik maupun non politik bagi pihak-pihak yang berkepentingan.

0 komentar:

Posting Komentar

Siguiente Anterior Inicio