0

EKONOMI POLITIK MEDIA

Media massa adalah kelas yang mengatur, menurut premis teori Marxis. Mengatur disisni bermakna media tidak saja memiliki dan menjalankan fungsi sosial dan ekonomi, tetapi media juga menjalankan fungsi ideologis.

            Fungsi sosial media adalah memberikan informasi dan fakta kepada publik, juga menjadi fasilitas komunikasi antar perorangan maupun lembaga, dimana di dalam kegiatan tersebut juga terdapat fungsi ekonomi, yakni meraih keuntungan sebesar-besarnya. Namun demikian sebuah media, baik cetak atau elektronik memiliki ideologi tersendiri, konteks ideologi disini adalah sebuah titik tolak media dalam menjalankan fungsi-fungsinya tersebut.

            Sebuah media bisa saja pro atau kontra dengan sebuah lembaga atau perorangan, bisa dengan latar belakang ekonomi maupun politik. Ekonomi politik media, seperti yang telah strukturkan sebelumnya merupakan kegiatan ekonomi dan kegiatan politik sebuah media, dimana sebuah media dapat menjadi sebuah instansi bisnis dan juga instansi politik.

Analisa ekonomi politik media penyiaran :

Secara umum media massa selain menjadi media pengiklan atau penghasil surplus ekonomi, juga sebagai media yang menyebarkan atau memperkuat struktur ekonomi serta politik tertentu.Ada kaitan kondisi ekonomi politik suatu Negara dengan praktik pemberitaan meskipun dipengaruhi pula oleh kondisi ekonomi politik global.

Yang menjadi isu dalam komunikasi modern adalah kepemilikan serrta praktik media terkonsentrasi pada kelompok atau golongan bisnis besar. Di satu sisi kepentingan-kepentingan politik tersebut menghasilkan laba namun tidak selaras dengan fungsi social media sebagai ruang public.

Sebagai contoh adalah kasus:

Dari hasil pantauan AJI(Aliansi Jurnalis Independen), pemberitaan media pada proses pemilu 1997 berpihak pada pemerintah yaitu dengan adanya diskriminasi waktu oleh media elektronik. ANTV memberikan 5,58 menit untuk pemberitaan partai golkar dan tidak semenitpun untuk partai lain, RCTI memberikan 9,29 menit untuk Golkar dan 3 menit untuk kedua partai lain, TVRI memberikan 1 jam untuk partai Golkar dan 5 menit untuk kedua partai lain.

DEWI KURNIAWATI (153080192)

0 komentar:

Posting Komentar

Siguiente Anterior Inicio